Tuesday 18 June 2013

INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY

         Instructional Technology (IT) merupakan satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan. Pada mata kuliah ini kami (mahasiswa) dikenalkan dengan technology baik yang berbasis internet maupun yang berbasis komputer. Technology yang berbasis internet contohnya ialah penggunaan Blog, tidak sedikit dari kami yang mengenal Blog lewat mata kuliah ini, meskipun juga sebagian sudah "bergelut" dengan blog. Sedangkan yang berbasis komputer misalnya, kami  dikenalkan dengan Macromedia Flash untuk membuat Media Pembelajaran Interaktif.
        Terkait dengan media pembelajaran interaktif berbasis flash tersebut, penulis pribadi merasa sangat beruntung dapat dikenalkan dengan Macromedia Flash, karena dengan adanya sedikit dorongan dari dosen pengampuh mata kuliah ini, penulis dapat belajar banyak mengenai Macromedia Flash khususnya dalam membuat media pembelajaran interaktif. oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah Instructional Technology khususnya yang ada di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan, salah satunya adalah Bpk. Wahyu Pujiono. Karena bimbingan beliau selama hampir 1 semester ini saya dapat merasakan manfaat dari mata kuliah ini. Disamping itu ada banyak rujukan yang membantu dalam proses pembelajaran selama satu semester ini. oleh karena itu tanpa terkecuali penulis pribadi mengucapkan banyak terimakasih. namun demikian, untuk mempelajari Macromedia Flash sebagai bahan dasar membuat Media Pembelajaran Interaktif ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat begitu banyaknya kesulitan yang ditemui didalamnya.
         Kesulitan yang dimaksud disini disebabkan kita belum menguasai dasar-dasar macromedia flash tersebut. disamping itu kita harus mengenali elemen dasar dalam macromedia seperti, Layer, Frame (Key Frame) dll. selanjutnya sangat penting bagi kita untuk mengetahui fungsi dari Tools yang terdapat disebelah kiri atas, karena Tools tersebut akan membantu kita dalam mengasah kreatifitas dalam membuat Media Pembelajaran Berbasis Flash. disamping itu kita juga harus mengenal "Action" (bisa dipraktekkan dengan menekan F9), disana banyak fungsi yang akan membantu kita dalam membuat Media Pembelajaran Berbasis Flash. Setelah itu barulah kita bisa melanjutkan ke aktifitas pembuatan Media. Disamping kesulitan tersebut, Macromedia ini juga bisa digunakan dalam membuat Animasi dan Game. oleh karena itu bagi pembaca yang senang "menatap layar", akan lebih baik jika mencoba bereksplorasi dengan Macromedia Flash, karena sesungguhnya Macromedia ini sangat bagus untuk mengasah daya kreatifitas kita semua. 
            Oleh karena itu, dengan adanya Mata Kuliah Instructional Technology ini, saya merasa sangat beruntung bisa berkenalan dengan macromedia flash, karena tidak semua mata kuliah yang sama (instructional technology) yang ada di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan dapat berkenalan dengan Macromedia Flash. Tentunya semua ini tidak terlepas dari bimbingan dosen pengampu mata kuliah ini, khususnya  kelas B. 

                                         =====MARI "BERMACROMEDIA" BERSAMA=====

No comments:

Post a Comment

Pigura