Friday 5 April 2013


Kelompok 2 ;
Haiyudi                   (10004150)
Syam Ashari          (10004145)
Fuad Amsyari        (10004152)

Model ASSURE
Berdasarkan model ASSURE pembelajaran yang di desain dengan baik harus melalui hal-hal dibawah ini:

A.       Analyze Learners. Berdasarkan survei yang kami lakukan di SMP Muh. 2 Yk, siswa-siswi disana cenderung lebih menyukai proses belajar mengajar yang menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa seperti video, musik atau game yang sesuai dengan materi ajaran yang akan diajarkan karena sebagian besar siswa sudah memiliki komputer (laptop masing-masing ) sehingga sangat mungkin ini dilakukan. Selain itu siswa minat siswa dalam belajar bahasa Inggris juga sangat rendah seperti malas membawa kamus, karena mereka beranggapan belajar bahasa Inggris itu sulit, selain itu minat baca siswa juga sangat kurang serta malas untuk mengikuti instruksi dari guru. Dari permasalahan diatas, dapat disimpulkan bahwa media yang digunakan guru harus menarik perhatian siswa, dengan adanya pendekatan ASSURE ini diharapkan menghasilkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan yakni sesuai tahapan ASSURE sehingga menciptakan kegiatan belajar mengajar yang berkesinambungan antara guru dan siswa.
Solusi dari permasalahan tersebut adalah diharapkan guru harus mampu menciptakan media pembelajaran yang didalamnya terdapat unsur yang dapat menarik perhatian siswa seperti Game, Video, ataupun musik sehingga timbullah motivasi belajar dan rasa keingintahuan siswa.

B.       State standard and Objective
Tujuan pembelajaran bahasa Inggris untuk memahami materi-materi mendasar mengenai bahasa Inggris sehingga anak mampu menggunakan bahasa Inggris secara sederhana dan benar.
C.       Select Strategy, media and material
Menurut kelompok kami, dalam kegiatan pembelajaran guru harus menggunakan game atau video yang menarik perhatian siswa yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
D.       Utilities technology media & material
Penyajian materi juga harus menggunakam media yang dapat menarik perhatian siswa seperti macromedia (animasi) atau powerpoint. Berhubung dari hasil survei yang kami lakukan, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai meliputi LCD, WiFi sehingga dapat menunjang kegiatan pembejaran dengan baik
E.        Require Learners participation.
Agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik hendaknya materi, media dan aktifitas yang terjadi dikelas dapat mengakomodasi peran serta setiap siswa, sehingga terjadinya proses interaksi antara siswa dan guru selama proses belajar mengajar berlangsung.
F.        Evaluate and revise
Dalam pembelajaran bahasa inggris hendaknya dibagi menjadi beberapa tahapan seprti:
1.       Mebangkitkan minat siswa
2.       Disusul dengan penyajian materi
3.       Melibatkan umpan balik kepada siswa
4.       Mengukur pemahaman siswa melalui tugas atau evaluasi.


1 comment:

Pigura