Friday 5 April 2013

Pulau Pongok Yang Belum Terungkap


Pulau Pongok Yang Belum Terungkap

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 33 provinsi. Bangka Belitung merupakan salan satu provinsi yang ada yang saat ini masih dalam tahap berkembang. Provinsi ini termasuk salah satu diantara beberapa provinsi termuda. Provinsi ini terdiri dari 2 piulau utama yakni Bangka dan Belitung. Disamping dua pulau utama tadi ada banyak lagi pulau yang termasuk dalam wilayah teritorial Provinsi ini sehingga provinsi ini disebut sebagai provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mayoritas penduduk pribumi Bangka Belitung bekerta sebagai petani, khususnya petani lada (merica), disamping itu tentunya sebgai provinsi kepulauan, bangka belitung memiliki wilayah laut yang membuka lapangan pekerjaan tersendiri bagi penduduk yang ingin berprofesi sebagai seorang nelayan. Bangka beltung juga merupakan wilayah penghasil timah terbesar, oleh karenanya tak sedikit pula penduduk yang menggantungkan hidupnya dari hasil tambang timah tersebut.
Bangka belitung saat ini terkenal dengan negeri laskar pelangi yang telah mendunia melalui rangkaian kata-kata Andrea Hirata. Disamping itu Bangka Belitung juga dikenal sebagai salah satu objek pariwisata yang menggugah perhatian pada penikmat alam yang asri. Dari begitu banyak objek pariwisata, saat ini yang paling diminati oleh turis baik lokal maupun manca negara ialah pantai yang indah. Seperti di Belitung, ada begitu banyak pantai yang menyuguhkan pemandangan indah seperti Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Pendam dll. Begitu pula di bangka, begitu banyak pantai yang indah yang saat ini diminati oleh turis. Namun disamping keindahan itu, ada daerah yang memiliki potensi yang besar dari sudut pandang pariwisata yang saat ini belum terungkap dimata publik.
Pulau Pongok, pulau yang sering disebut dengan pulau Liat, yang termasuk kedalam wilayah kabupaten Bangka Selatan ini mungkin merupakan salah satu pulau yang belum terungkap keindahannya. Pulau ini baru saja berdiri menjadi sebuah kecamatan yang sebelumnya masih mengekor pada daerah Lepar dimana Tanjung Labu merupakan ibukota kecamatannya. Saat ini perupakan usia perkembangan dari kecamatan baru terssebut, pulau pongok terdiri dari dua pulau utama yang dihuni penduduk yaitu Pongok dan Celagen, Pulau pongok memiliki dua permukiman utama yaitu Pongok dan Padang Keladi. Pulau ini memiliki potensi wisata alam yang begitu menarik, hanya saja saat ini perhatian pemerintah setempat belum terlalu fokus dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, yakni pariwisata. Daerah ini memiliki wilayah laut yang dihiasi dengan terumbu karang yang indah dimana sering dijadikan objek bagi para penyelam untuk menikmati keindahan dibawah laut tersebut. Disamping itu pulau pongok juga memiliki pandai yang indah namun belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat yakni Pantai Batu Tambun, selain itu juga Pantai Celagen yang berada dalam permukiman warga secara langsung memiliki kesan tersendiri. Akan tetapi sepertinya pembangunan masih dalam impian semata, bagaimana tidak, daerah ini hingga sekarang hanya mengandalkan swadaya masyarakat sehingga upaya pembangunannya sedikit terhambat. Infrastruktur pendukung untuk menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata-pun belum begitu memadai, mulai dari jalan utama penghubung darat menuju tempat wisata hingga listrik yang merupakan nyawa kehidupan sekarang inipun belum menyentuh daerah ini.
Dengan adanya pemerintahan tingkat kecamatan yang saat ini berada langsung dalam daerah, masyarakat setempat berharap daerah ini dapat dikelolah dengan baik ditangan pemerintahan yang jujur dan bertanggung jawab. Mulai dari penataan dan pengelolah objek wisata yang ada sampai kepada pengadaan dan perawatan infrastruktur yang telah ada dan yang belum sama sekali. 

No comments:

Post a Comment

Pigura